IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN BUKU “DURŪSUL LUGAH” KELAS VIII SMP AN–NIDA’ ISLAMIC BOARDING SCHOOL WONOSOBO

Khofifi Nur Muhamad, KN and Fatkhurrohman, F and Asep Sunarko, A IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN BUKU “DURŪSUL LUGAH” KELAS VIII SMP AN–NIDA’ ISLAMIC BOARDING SCHOOL WONOSOBO. Repositori FITK UNSIQ. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel Khofifi Nur Muhamad.docx] Text
Artikel Khofifi Nur Muhamad.docx

Download (51kB)

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku “durūsul lugah” yang ada di SMP An-Nida’ Islamic Boarding School Wonosobo, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran bahasa Arab di SMP An-Nida’ Islamic Boarding School Wonosobo dan mengetahui hasil pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Durūsul Lugah di SMP An-Nida’ Islamic Boarding School Wonosobo.
Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber primer dan data sekunder (buku durūsul lugah, referensi yang berkaitan dengan buku durūsul lugah, tekhnik mengajar, metode mengajar, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnal, dan situs internet). Adapun tekhnik analisis yang digunakan adalah reduksi data (data reduction, penyajian data (data display). (Conclusion drawing) atau verifikasi data yang sudah disajikan.
Hasil penelitian adalah pembelajaran Bahasa Arab yang menggunakan buku Durūsul lugah ini cenderung lebih mudah dipahami karena di dalam buku tersebut didukung dengan materi dasar bahasa Arab mulai dari nol dan didukung dengan materi nahwu dan qa’idah-qa’idahnya sehingga mudah dipahami oleh para murid. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung saat guru menjelaskan materi, murid cenderung lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru karena guru dalam menyampaikan materi sudah mempersiapkannya dengan sematang mungkin, mulai dari metode, bahan ajar, media pembelajaran, dan penguasaan materinya. Pendorong mencakup faktor primer dan faktor skunder, seperti faktor primer dari faktor pendorong anak dalam mempelajari bahasa Arab yaitu kesungguhan diri. Sedangkan faktor penghambat kurang bisa memahami materi. Adapun hasil dari pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku Durūsul lugah ini dapat dilihat dari perubahan nilai yang didapat oleh para murid dalam belajar bahasa Arab, Adapun perkembangan nilai murid dalam mempelajari bahasa Arab ketika dibandingkan pada saat mengikuti penilaian tengah semester dengan penilaian akhir tahun ini mencapai angka sebesar 5%, jadi bisa dianalisis bahwa pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan buku Durūsul lugah ini dapat mempermudah murid dalam memahami bahasa Arab.
Kata Kunci :
Pembelajaran, Durūsul lugah, Bahasa Arab.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ilham Iryanto Darsono
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:25
Last Modified: 12 Jul 2023 07:25
URI: http://repository.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item
View Item